Sunday 12 November 2023

Hasil 10 Finish MotoGP Malaysia (Pecco Vs Martin Makin Ketat)

Hasil 10 Finish MotoGP Malaysia (Pecco Vs Martin Makin Ketat). Dalam MotoGP Malaysia. Bagnaia Redam Martin, Bastianini Comeback di Sepang. Enea Bastianini kembali ke podium tertinggi usai menang di Sepang, sementara Francesco Bagnaia berhasil meredam Jorge Martin.

Perebutan gelar Juara Dunia MotoGP™ 2023 kini antara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) dan Jorge Martin (Prima Pramac Racing). Secara matematis, Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) dipastikan tersingkir keluar dari persaingan, setelah PETRONAS Grand Prix of Malaysia dimenangi oleh Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) yang tampil begitu dominan di PETRONAS Sepang International Circuit pada Minggu hari ini.

Start dari grid kedua, Martin langsung menyodok ke barisan depan. Tetapi pembalap Pramac Racing itu melebar di Tikungan 1, yang saat bersamaan Bagnaia dan Bastianini coba memanfaatkan celah kosong di sisi dalam tikungan. Martin turun ke posisi kelima, Bagnaia ketiga, sedangkan Bastianini memimpin balapan, diikuti Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP™) yang masuk dua besar.

Pertama kalinya jadi pimpinan lomba usai rentetan cedera, Bastianini berusaha ciptakan jarak. Namun, Marquez membayanginya cukup ketat. Di sisi lain, Martin bangkit. ‘Martinator’ menyalip Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) dan naik ke posisi keempat. Spaniard pun mulai memburu Bagnaia yang sedang menempati tempat ketiga. Lap 3 menjadi saksi duel panas dua penantang titel dunia.

Bagnaia dan Martin terlibat persaingan, serta saling melancarkan manuver overtaking di Tikungan 14. Pertarungan lalu berlanjut pada Lap 4 di Tikungan 4. Walau mendapat perlawanan kuat dari Martin, Bagnaia dapat mengatasinya. Berselang dua lap, sang Juara Dunia bertahan temukan ritme. Pembalap Ducati itu kemudian menciptakan keunggulan 0,739 detik atas rivalnya, dengan Bastianini berupaya meredam Marquez.

Martin berupaya memangkas gap, tetapi Bagnaia tampak kokoh mengendarai Desmosedici GP23. Seolah mengulang performa serupa di Sepang 2022, pembalap Ducati ini benar-benar tampil tanpa kesalahan. Situasi itu makin menyulitkan Martin untuk mendekati Bagnaia. Jarak antara keduanya juga bertambah. Dari yang sempat menyentuh satu detik, melebar jadi dua detik lebih. Martin pun akhirnya memilih untuk amankan posisi keempat.

Dengan balapan dikendalikan penuh oleh Bastianini, pertarungan perebutan posisi terbaik terjadi antara Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) dengan Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team). Setelah melewati Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing), ‘El Diablo’ mendekati Bez untuk lima besar. Rekan setim Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP™) juga sempat bertarung lawan Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team).

Kemenangan akhirnya diraih Bastianini, sejak kali terakhir melakukannya di Aragon 2022. Podium tertinggi di Sepang menandai pula kemenangan pertamanya sebagai pembalap pabrikan Ducati. ‘La Bestia’ juga menjadi pembalap MotoGP™ berbeda ketujuh yang menang balapan sejauh musim ini. Sementara finis kedua ditempati Marquez, melengkapi hasil apiknya usai kemenangan saat Tissot Sprint.

Walau hanya P3, raihan yang dipetik Bagnaia punya arti penting. Selain dapat finis di depan Martin, sang Juara Dunia bertahan juga memperlebar keunggulan dalam poin klasemen Kejuaraan. Ini jelas berharga jelang pertarungan berikutnya di GP Qatar. Lalu, posisi kelima diklaim Quartararo, disusul Bezzecchi serta Morbidelli dalam tujuh besar.

Melengkapi Top 10 adalah Miller, yang mengungguli Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP™) dan Marini. Lima pembalap tercatat tak dapat menyentuh garis finis di Sepang, yakni Binder, Aleix Espargaro (Aprilia Racing), duo CryptoDATA RNF MotoGP™ Team: Raul Fernandez dan Miguel Oliveira, serta Joan Mir (Repsol Honda Team).
Berkat hasil finis ketiga, Francesco Bagnaia sekarang mengantongi 412 poin. Pembalap Ducati itu sedikit memperlebar keunggulan atas Jorge Martin dari 11 poin menjadi 14 poin. Jika Pecco finis di depan Martin dalam Tissot Sprint di Qatar, maka ia memiliki match point pertama dalam balapan Grand Prix hari Minggu.

Putaran 19 dijadwalkan berlangsung di Lusail International Circuit dalam event bertajuk Qatar Airways Grand Prix of Qatar pada 17 – 19 November 2023.
1 Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team)
2 Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP) +1.535
3 Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) +3.562
4 Jorge Martin (Prima Pramac Racing) +10.526
5 Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) +15.000
6 Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) +16.946
7 Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP™) +18.553
8 Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) +19.204
9 Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP™) +19.399
10 Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) +19.740
Hasil 10 Finish MotoGP Malaysia (Pecco Vs Martin Makin Ketat)
Previous Post
Next Post

0 komentar: