Sunday 12 November 2023

10 Top Tissot Sprint MotoGP Sepang Malaysia

Di ajang Last Lap Duel Podium Tissot Sprint MotoGP Malaysia. Alex Marquez klaim podium tertinggi di Sepang, sedangkan Jorge Martin finis di depan Francesco Bagnaia yang amankan P3.

Alex Marquez bawa Gresini finish pertama di Tissot Sprint, sementara Jorge Martin pangkas selisih poin dari Francesco Bagnaia.

Tissot Sprint berlangsung panas, seperti cuaca di Petronas Sepang International Circuit. Bukan hanya soal perebutan gelar MotoGP™ 2023 antara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) dan Jorge Martin (Prima Pramac Racing), tetapi juga bagaimana Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP™), bahkan Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) ikut memanaskan pertarungan dalam PETRONAS Grand Prix of Malaysia pada Sabtu hari ini.

Tak seperti biasanya, Martin melorot turun ke urutan keempat selepas lampu start padam. Sebaliknya pemuncak klasemen Kejuaraan, Bagnaia, melakukan start bagus dan memimpin jelang tikungan pertama. Namun, pembalap yang akrab disapa Pecco itu langsung dibuntuti ketat oleh Marquez yang melewati Bastianini dan naik ke posisi kedua. Sementara itu, Marco Bezzecchi (Mooney VR6 Racing Team) dalam tujuh besar.

Jadi pimpinan lomba, Bagnaia berupaya menciptakan jarak. Akan tetapi, ia mendapat perlawanan kuat dari Marquez. Walau sempat kehilangan tempat kedua usai disalip Martin, adik laki-laki Marc Marquez itu mampu bangkit untuk merebut kembali P2. Ia pun mulai mendekati Bagnaia. Saat bersamaan, Bastianini menaklukkan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) untuk posisi keempat.

Terus membayangi Bagnaia, Marquez temukan celah di Tikungan 9, yang dimanfaatkannya dengan baik. Spaniard ambil alih urutan teratas dan segera buka keunggulan menjadi 0,537 detik. Berupaya mengejar ketertinggalan, sang Juara Dunia bertahan justru mengendur kecepatannya. Alhasil, Bagnaia tak kuasa membendung serangan Martin yang menyalipnya jelang Lap 5.

Memasuki tiga lap tersisa, Marquez sudah jauh di depan. Bagnaia makin kesulitan, lantaran jarak dengan Martin juga hampir satu detik. Selain itu, rekan setim Bastianini menemukan ritme serta mengancam posisi ketiga yang tengah ditempatinya. Situasi ini tentu menguntungkan Marquez yang tak terbendung untuk menyentuh garis finis lebih dulu. Kemenangan dalam Tissot Sprint di Sepang merupakan yang kedua bagi Marquez. Sebelumnya Spaniard juga berhasil jadi pemenang di Silverstone lalu.

Martin amankan P2, hasil penting mengingat Bagnaia akhirnya harus puas duduki P3. Keberhasilan finis keempat menjadi kabar bagus bagi Bastianini setelah rentetan cedera yang membekapnya pada musim ini. ‘La Bestia’ mengalahkan Binder dan Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing). Posisi ketujuh dihuni Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team), yang finis di depan Johann Zarco (Prima Pramac Racing), dengan Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) serta Maverick Vinales (Aprilia Racing) dalam Top 10.

Duet Repsol Honda Team, Marc Marquez dan Joan Mir, dihadapkan lagi dengan ketidakberuntungan. Kedua pembalap sama-sama terjatuh saat balapan, walau dapat melanjutkan lomba. Meski begitu, Marquez hanya finis P21, sedangkan rekan setim Mir dua posisi di belakangnya. Mereka berdua mengapit Juara World Superbike dua kali, Alvaro Bautista) yang tampil sebagai wildcard bersama Aruba.it Racing - Ducati.
Meski finis kedua, Jorge Martin berhasil mendekatkan jarak dengan Francesco Bagnaia. Gap yang sebelumnya terpaut 13 poin, sekarang terpangkas menjadi 11 poin. Pertarungan kedua pembalap dipastikan bakal sengit saat balapan PETRONAS Grand Prix of Malaysia digelar pukul 14.00 WIB pada Minggu besok!

1. ALEX MARQUEZ (Gresini Racing MotoGP™)
2. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) +1.589
3. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) +3.034
4. Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team)+3.242
5. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing)+3.310
6. Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing)+4.318
7. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team)+5.307
8. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) +5.501
9. Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team)+6.420
10. Maverick Vinales (Aprilia Racing)+7.241
Previous Post
Next Post

0 komentar: