Rabu, 19 Juni 2024

Menteri Keuangan Sri Mulyani Drawati mengungkap alasan di balik gelombang PHK di industri TPT

Menteri Keuangan Sri Mulyani Drawati mengungkap alasan di balik gelombang PHK di industri TPT. Hal ini disebabkan meningkatnya persaingan di industri TPT, sementara pasokan yang melimpah.Kondisi ini, kata Sri Mulyani, memicu dumping atau upaya menjual barang ke luar negeri dengan harga dalam negeri yang lebih rendah.
“Di dunia kelebihan kapasitas produksi [tekstil], sehingga banyak terjadi dumping. Jadi kita harus hati-hati menjaga perekonomian dalam negeri kita,” kata Sri Mulyani pada workshop DPD RI. dipinjam pada Rabu (19/06/2024).

Sri Mulyani juga mengatakan pemerintah telah memperketat persyaratan bagasi bagi pelaku perjalanan dari luar negeri. Namun hal ini mendapat keberatan dari masyarakat.
Menurutnya, kebijakan tersebut diambil karena membanjirnya tekstil impor dan tekstil di pasar dalam negeri. Hal ini melemahkan daya saing produk dalam negeri. Bahkan, juga berdampak pada ritel modern dan tradisional.

“Kemarin banjir (impor) sampai Tanah Abang terbengkalai, jadi kami coba perketat masuknya barang, tapi kemudian berdampak terlalu besar pada penumpang dan kemudian situasi kembali tenang,” ujarnya. rapat kerja dengan DPD RI pada Selasa (6 November 2024).

Peraturan Bagasi Penumpang ini dimaksudkan untuk mencakup berbagai macam barang "gadai" dari luar negeri, mulai dari sepatu hingga pakaian. Namun pemerasan ini dibatalkan.
Sri Mulyani mengatakan Kementerian Keuangan akan terus berkoordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait permasalahan tekstil dan baja.

“Dua ini yang paling fokus karena dunia sedang overcapacity, banyak dumping, dan kita harus hati-hati menjaga perekonomian dalam negeri,” tegasnya.

Akibat membanjirnya impor tekstil dan produk tekstil, badai pemutusan hubungan kerja (PHK) di industri tekstil dan tekstil (TPT) semakin parah belakangan ini. Jumlah PHK akan meningkat pada awal dan pertengahan tahun 2024, jumlahnya lebih tinggi dibandingkan tahun lalu..


EmoticonEmoticon