Monday 24 June 2024

Rombongan Jamaah haji Indonesia Mulai Dipulangkan Sejak Tanggal Sabtu 22 Juni 2024


toriqoel. Rombongan Jamaah haji Indonesia Mulai Dipulangkan Sejak Tanggal Sabtu 22 Juni 2024. Operasional jamaah haji pulang ke Indonesia akan dimulai hari ini Sabtu (22 Juni 2024). Jemaah haji yang tergabung dalam rombongan penerbangan (kloter) SUB 01 memulai tahap repatriasi jemaah dan diterbangkan dari Jeddah dari Bandara King Abdul Aziz. Penerbangan SUB 01 berangkat menuju Indonesia pada pukul 03:15 waktu Arab Saudi. Widi Dwinanda, Anggota Media Center Kementerian Agama, mengatakan, selain Rombongan Haji Embarkasi Surabaya 01, jemaah haji dari Rombongan Embarkasi Solo 2 (SOC-02) yang berjumlah 360 jemaah dan lima petugas juga kembali ke Indonesia. Hari Sabtu kemaren. Jemaah haji Temanggung dan Magelang diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah, jelas Widi dalam keterangan resmi Kementerian Agama di Wisma Haji Pondok Gede Jakarta, Sabtu (22 Juni 2024).

Dijelaskannya, sepulangnya jamaah haji dari Tanah Suci, 14 asrama haji di Indonesia serentak menyiapkan layanan untuk kedatangan tamu Allah. “Untuk pelayanan akomodasi, disiapkan kamar bagi jemaah haji yang tidak langsung mudik (menunggu keluarganya). Jemaah haji bisa menginap satu malam di asrama haji jika diperlukan. Mereka akan diberikan snack 'selamat datang' saat jemaah tiba. .di asrama haji,” ujarnya.

Ditambahkannya, Rumah Haji juga memproduksi bus untuk mengangkut jamaah dari bandara ke Rumah Haji, truk untuk mengangkut barang bawaan jamaah haji, serta layanan ambulans dan minibus untuk mengangkut jamaah yang sakit, lanjut usia, atau cacat.

Selain itu, jelas Widi, pelayanan kesehatan menyiapkan setiap asrama haji untuk pemeriksaan kesehatan, antara lain: Pelayanan Rawat Jalan (disusun oleh Poliklinik) Pelayanan P3K Laboratorium dan Tes Penunjang Pelayanan Pendampingan (disusun oleh RS Duta) Pelayanan Karantina Kesehatan Perawatan haji jemaah haji yang meninggal dunia pada kursi roda jalur Ekspres untuk jemaah lanjut usia dan cacat. “Setelah jamaah haji dipulangkan ke daerah masing-masing, dilakukan penyerahan paspor, air zamzam diserahkan kepada jamaah haji atau Panitia Haji di daerah tersebut dan pihak dinas kesehatan menjelaskan tentang keabsahan kartu sehat tersebut,” ujarnya. dikatakan dikatakan Widi mengatakan, pada hari ini Sabtu 22 Juni 2024, terdapat 20 kloter penerbangan dan total jamaah haji yang akan berangkat ke Indonesia sebanyak 7.973 orang,


EmoticonEmoticon