Tuesday 26 December 2023

Full Debat Cawapres Mahfud MD Sub Tema Ekonomi Kerakyatan dan Ekonomi Digital

Full Debat Cawapres Mahfud MD Sub Tema Ekonomi Kerakyatan dan Ekonomi Digital
Digitalisasi membuka akses pasar yang lebih luas tetapi juga berpotensi merugikan usaha mitra dan konsumen melalui penyalahgunaan data digital. 
Pertanyaannya : Bagaiman kebijakan paslon untuk mengatasi hal tersebut ?

Keseruan jawaban dari Mahfud MD ditanggapi, dikritisai dan disanggah oleh paslon lain yaitu Gibran dan Cak Imin.

Jawaban Mahfud tersebut kemudian direspons cawapres Muhaimin Iskandar. Dia sependapat pelaku pinjol dan judi online yang merajalela harus dihukum.

Namun, Muhaimin memandang Mahfud masih melewatkan persoalan adanya kesenjangan kemampuan UMKM di tengah perkembangan ekonomi digital. Pasalnya, tidak semua UMKM memiliki kemampuan untuk masuk dan memasarkan produknya dalam pasar digital.

"Yang lebih penting sebetulnya kemampuan untuk masuk dalam dunia digital membutuhkan bantuan pemerintah untuk turun tangan, mulai dari literasi digital untuk UMKM dan membantu push pemasaran bagi keberlangsungan UMKM menghadapi persaingan yang sangat ketat," kata Muhaimin.

Selain itu, dia juga menilai pemerintah perlu meningkatkan kecepatan internet agar makin banyak masyarakat yang masuk dalam ekonomi digital.

Sementara itu, cawapres Gibran Rakabuming Raka menyinggung bahaya pencurian data di era ekonomi digital. Saat menjadi wali kota Solo, dia mengaku sudah mulai mendorong aspek keamanan siber melalui Solo Technopark.

Kemudian, pemerintah juga perlu memastikan semua pelaku ekonomi digital patuh terhadap regulasi yang berlaku. Caranya tidak hanya melalui literasi keuangan dan literasi digital, tetapi juga penguatan sumber daya manusia digital.

"Karena itu, kita ingin anak-anak untuk ikut andil dalam hilirisasi digital yang akan kita canangkan sebentar lagi," kata Gibran.

Atas respons dari kedua cawapres lainnya, Mahfud menegaskan komitmennya apabila terpilih dalam pilpres bersama capres Ganjar Pranowo untuk membangun 3 jenis infrastruktur yakni infrastruktur fisik, infrastruktur regulasi, dan infrastruktur digital.

Secara bersamaan, dia juga berjanji melanjutkan program penguatan keamanan siber agar Indonesia tidak kecolongan.

Sebagai informasi kembali, tema debat cawapres kali ini mencakup ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan maupun ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, tata kelola APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.
Previous Post
Next Post

0 komentar: